Webinar Nasional FEB-UAD, Sandiaga Uno Ingatkan Masyarakat Harus Kreatif

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Masa pandemi Covid-19 semua lini kehidupan terkena dampaknya. Dalam kondisi seperti ini perlu proaktif, kreatif dan inovatig. Selain itu, tak gentar mengambil risiko apapun yang terjadi.

Demikian diungkapkan pengusaha Dr H Sandiaga Salahuddin Uno BBA MBA dalam Webinar Nasional bertema ‘Membangun Kreativitas dan Inovasi Bisnis di Era New Normal’ diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Rabu (19/08/2020). Webinar dibuka dan diberi pengantar Rektor UAD, Dr Muchlas MT.

Webinar juga menghadirkan narasumber Dr Salamatun Asakdiyah MSi selaku Dekan FEB-UAD dengan moderator Dyah Fitriani SE MM (Kaprodi Manajemen FEB-UAD). Menurut Sandiaga, masa pandemi Covid-19 memang penuh tantangan serba pelik.

“Bagi pengusaha sejati, situasi seperti ini menjadi tantangan dan harus melakukan inovasi. Proaktiflah, tak gentar mengambil risiko. Saya terus berusaha dan bangkit. Di-PHK saya ambil hikmah dan berkahnya,” tuturnya ” ujarnya sambil memberi contoh, dirinya tahun 1997 kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Bagi Sandiaga Uno, sampai sekarang dalam masa pandemi Covid-19, ada 3 hal sikap yang menjadi perilaku positif, yakni persahabatan, solidaritas dan empati. “Sikap itu menumbuhkan kebersamaan dan memiliki optimisme yang luar biasa,” ujarnya.

Pada bagian lain, Sandiaga Uno juga memberi kiat untuk terus menularkan virus positif kewirausahaan, memompa dengan ide kreatif dengan literasi teknologi, data dan perilaku positif dalam situasi apapun, apalagi masa pandemi Covod-19. “Kami senang dalam momentum ini bisa bekerja sama dengan UAD, khususnya bidang kewirausahaan,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Rektor UAD, Dr Muchlas. “UAD senang bisa kerja sama dengan OK-OCE dan Pak Sandiaga Uno dengan pengalaman bisnis dan wirausaha yang luar biasa,” ucapnya.

Sedangkan Muhammad Ali Fikri SE MSc, Ketua Webinar Nasional mengatakan, dalam momentum tersebut dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) UAD dengan One Kecamatan (OK) One Centre Entrepreneur (OCE) Indonesia. Kerja sama berupa pendidikan, pelatihan, pendampingan dalam bidang kewirausahaan. MoU ditandatangi Rektor UAD, Dr Muchlas MT dan Dr H Sandiaga Salahuddin Uno BBA MBA.

Sebelum Sandiga Uno menyampaikan materi, Iim Rusyamsi ST MM dari OK-OCE memberi gambaran tentang eksistensi OK-OCE Indonesia. “OK-OCE merupakan gerakan penciptaan lapangan kerja berbasis kewirausahaan,” katanya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI