Website Pendaftaran Seleksi CPNS Sulit Dibuka

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Adanya gangguan teknis (website sulit dibuka) sempat mewarnai proses pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di sejumlah daerah, termasuk Pemda DIY. Kondisi tersebut sempat dikeluhkan oleh sejumlah pendaftar kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY.

Bahkan beberapa di antara mereka ada yang datang langsung dan menghubungi petugas di BKD DIY, dengan harapan kesulitan yang mereka atasi bisa segera mendapatkan solusi. Namun karena sistem pengendalinya ada di pemerintah pusat (BKN), BKD DIY tidak bisa berbuat banyak.

”Sejak Kamis (27/09/2018) pagi kami sudah mendapatkan keluhan website untuk seleksi CPNS sulit dibuka. Bahkan untuk memastikan hal itu, ada satu orang yang datang ke Kantor BKD DIY. Meski begitu, daerah tidak bisa berbuat banyak, karena semua itu ditanggani langsung oleh pusat. Jadi dalam hal ini, daerah hanya membuka atau menjembatani. Misalnya dengan melaporkan keluhan tersebut ke pusat dan menyiapkan gedung untuk ujian, sedangkan komputer sudah dari pusat,” kata Kepala BKD DIY, Agus Supriyanto.

Agus mengungkapkan, adanya gangguan teknis yang sempat dikeluhkan oleh masyarakat dalam proses seleksi CPNS tahun 2018, selain menimbulkan keresahan calon peserta seleksi juga perlu dijadikan bahan evaluasi bersama. Sementara itu, Sekda DIY Gatot Saptadi menyampaikan pihaknya tidak berbuat banyak apabila situs resmi pendaftaran CPNS 2018 mengalami error dan sangat berat dibuka oleh calon pendaftar.

Permasalahan tersebut di luar kemampuan dari Pemda DIY yang dimungkinkan pendaftaran CPNS 2018 menjadi mundur atau molor. ”Saya baru terima laporan tadi terkait banyaknya keluhan perihal portal resmi pendaftaran CPNS 2018 yang sulit atau tidak bisa diakses. Sistem pendaftaran memang terkomputerisasi yang ada di BKN memang agak bermasalah atau trouble,” kata Gatot. (Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI