Widya Inovasi Masuk PIDI, Produk Anak Yogya ‘Go International’

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Kementerian Perindustrian mengadakan showcase PIDI (Pusat Inovasi dan Pengembangan SDM Industri) 4.0 di akhir 2021 ini dengan 20 perusahaan yang tergabung sebagai mitra. Salah satu yang menarik adalah bergabungnya perusahaan asal Yogyakarta, Widya Inovasi yang menampilkan produk Smart Speaker Widya Wicara Prima.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan implementasi industri 4.0 tidak lepas dari keahlian tenaga kerja industri dalam penerapannya. Alasan itulah yang membuat Kemenperin berusaha terus mendorong peningkatan kualitas SDM industri, salah satunya melaluireskilling dan upskilling.

“Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia) dan juga teknologi di sektor industri adalah didirikannya Digital Capability Center (DCC) sebagai hasil dari kolaborasi antara Kementerian Perindustrian dengan Technology Research Institute (ITRI) di Taiwan. DCC memiliki visi yaitu menjadi solusi satu atap penerapan Industri 4.0, di mana salah satu perwujudannya adalah dengan mengadakan showcase untuk menunjukkan bagaimana teknologi dapat meningkatkan efektivitas dan produktifitas kerja,” ungkapnya pada wartawan, Selasa (28/12/2021).

Sebagai salah satu dari 20 perusahaan yang tergabung sebagai mitra dalam ekosistem PIDI 4.0, Widya Inovasi Indonesia menampilkan produk unggulannya yakni Smart Speaker Widya Wicara Prima. Smart Speaker Widya Wicara Prima merupakan produk speaker pintar berbasis teknologi artificial intelligence (AI).

“Seperti namanya, speaker ini sangatlah pintar. Ia dapat memproses dan melaksanakan perintah suara berbahasa Indonesia yang diberikan oleh pengguna. Smart speaker ini didukung pula dengan natural language processing (NLP) yang membuatnya dapat merespon pengguna layaknya manusia biasa,” imbuh Yomira Kartika, perwakilan Widya Inovasi Indonesia.

Lebih jauh lagi, keunikan Smart Speaker Widya Wicara Prima dibandingkan dengan smart speaker lainnya adalah adanya fitur-fitur unggulan seperti fitur ‘Widya Islami’ yang mencakup lantunan ayat suci Al-Quran, cerita islami, doa harian dan lain sebagainya.

Lalu ada pula fitur ‘Warung Widya’ dimana pengguna dapat berbelanja dengan mudah hanya dari rumah, fitur ‘Olahraga Widya’, fitur ‘Pengetahuan Dunia’ hingga fitur ‘Musik Yoga’ untuk membantu pengguna melakukan meditasi ataupun relaksasi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI