Wisata Kepahlawanan, Jiwa Rela Berkorban Jadi Pelajaran Berharga

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejumlah pelajar menundukkan kepalanya di hadapan makam Panglima Besar Jendral Soedirman. Mereka memejamkan mata seraya mendoakan pahlawan besar itu pada Sabtu (10/11/2018) yang mendung gelap. Mereka adalah Komunitas Pohon Antikorupsi Pelajar (KPAP).

Telah banyak orang yang menaburkan bunga di makam Jendral Soedirman sebagai peringatan Hari Pahlawan. Makam di sekitarnya juga telah bertabur bunga. Suara petir tak menggentarkan para pelajar yang berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kusumanegara sebagai rangkaian acara Wisata Kepahlawanan. 

“Acara ini buat menyambut hari pahlawan, ada 3 destinasi yang sudah kami kunjungi yaitu Gedung Agung, Benteng Vredeburg, dan sekarang kita ziarah TMP,” jelas ketua panitia, Stephany Emmanuela Lesar, pelajar SMP Bopkri 3 Yogyakarta.

Para pelajar yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari pelajar SD hingga SMA. Mereka memanfaatkan waktu luang sekolah untuk merayakan Hari Pahlawan. Mereka dengan khusyuk mengeningkan cipta dan mendoakan para pahlawan dengan mengelilingi makam Jendral Soedirman.

“Terima kasih, Pak Jendral Soedirman dan para pahlawan lain karena telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, kami bisa sekolah karena perjuangan Bapak dan pahlawan lainnya, terima kasih,” ucap Stephany mengakhiri doa bersama.

Sebelum melaksanakan doa bersama, para pelajar itu berkeliling mengunjungi makam-makam pahlawan. Mereka dipandu oleh salah satu pengelola TMP. Pada kesempatan ini, para pelajar dapat lebih mengenal para pahlawan yang telah gugur dan berjuang untuk Indonesia.

“Tadi kami belajar banyak, banyak pahlawan yang tidak diketahui identitasnya, ada juga pahlawan yang suami-istri gugur di hari yang sama,” jelas Stephany.

Dengan adanya kegiatan ini, Stephany berharap agar lebih banyak orang yang menghargai jasa pahlawan, minimal dengan mengenal mereka. Oleh karena itu, kegiatan ini mengajak para pelajar untuk menghargai para pahlawan sehingga dapat menciptakan generasi yang meneruskan perjuangan para pahlawan. (Ayuningtyas Rachmasari/KR Academy)

BERITA REKOMENDASI