Wolbachia Bisa Tekan Virus Zika?

YOGYA (KRjogja.com) – Bakteri Wolbachia yang dikembangkan tim Eliminate Dengue Project (EDP) Yogyakarta tengah didorong untuk mencegah virus Zika yang dianggap berbahaya belakangan ini. Di ranah penelitian laboratorium, Wolbachia dianggap berhasil untuk mencegah virus tersebut.

Prof Adi Utarini Ketua Peneliti EDP mengatakan di ranah penelitian, Wolbachia telah terbukti bisa mencegah virus Zika. Bahkan menurut dia, sudah ada pelepasan Wolbachia di Brazil untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

"Sudah ada penelitian dan bahkan sudah dilepas di Brazil. Teknologi Wolbachia ini bisa digunakan untuk mencegah penularan Zika," ungkapnya, Rabu (31/8/2016) kepada KRjogja.com.

Tim EDP sendiri saat ini masih fokus menekan demam berdarah dengue dan cikungunya yang terbilang masih menjadi kasus marak di Indonesia. Namun, karena gejala Zika cukup mirip dengan demam berdarah maka EDP akan segera melakukan pengembangan terutama menyesuaikan iklim yang ada di Indonesia.

"Kami masih kembangkan juga terkait Wolbachia ini. Kami berharap sesuai penelitian bahwa Wolbachia bisa menekan dan mencegah demam berdarah dengue, cikungunya dan zika," pungkas Adi.

Sementara Dirjen Riset dan Pengembangan Kementrian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi Muhammad Dimyati mengutarakan pemerintah mendukung penuh pengembangan riset tim EDP. Menurut dia, virus Zika mendapatkan perhatian lantaran banyak kasus yang terjadi di beberapa negara dan terdekat di Singapura.

"Saat ini penelitian dilakukan di Australia dan akan segera dikembangkan di Indonesia agar bisa segera diterapkan. Kami sangat mendukung hilirisasi hasil penelitian yang bisa bermanfaat langsung untuk masyarakat," terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dr Vita Yulia mencatat hingga saat ini belum ditemukan penyebaran virus Zika pada warga masyarakat. Namun demikian pihaknya berharap pencegahan dapat segera dilakukan diantaranya menyebarkan bakteri Wolbachia melalui nyamuk di wilayah Kota Yogyakarta. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI