Workshop Pelatihan Penyusunan Buku Ajar

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Studi Manajemen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Pelatihan Buku Ajar, Jumat (26/02/2021) melalui media zoom meeting. Dalam sambutannya, Dr Salamatun Asakdiyah MSi selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UAD menjelaska, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen dalam penyusunan buku ajar sebagai salah satu bagian dari fungsi Tri Darma dosen.

Workshop diikuti oleh civitas akademika dari lingkungan FEB-UAD. Workshop diisi oleh Prof Heru Kurnianto Tjahjono, dosen Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Selain berprofesi sebagai dosen juga aktif sebagai penulis buku-buku keilmuan khususnya dalam bidang manajemen.

Menurut Heru Kurnianto, dunia pendidikan selalu kalah cepat dengan perubahan yang terjadi di industri (revolusi industri 1, 2, dan 3). Disisi lain, saat ini sedang terjadi revolusi industri 4.0 dan kampus tidak boleh tertinggal kembali. Oleh karena itu, dosen harus bisa menjadi akselerator mahasiswa (next level lecturer) untuk unggul dalam revolusi industry 4.

“Secara teknis aplikatif, dosen harus bisa berakselerasi dalam menghasilkan karya termasuk buku ajar menyamai kinerja bidang lain dalam menghasilkan produk,” ujarnya.

Pemateri menerangkan, menyusun buku ajar itu mudah. Dosen harus mengetahui bagaimana cara dan metode dalam menyusun buku. Ada dua aspek yang harus dioptimalkan dosen dalam menyusun buku yaitu aspek hardskill dan softskill.

Aspek hardskill yang bisa dimanfaatkan dalam meyusun buku adalah hasil pemikiran yang sudah tertuang dalam penelitian yang sudah dilakukan dosen. Sedangkan aspek softskill yang harus dibangun untuk mendukung penyusunan buku ajar adalah positive mindset untuk mempresepsikan buku ajar tidak hanya memberi manfaat secara ekonomi namun juga dapat memberi manfaat yang lebih luas baik bagi dosen maupun pembaca buku.

Dalam kesempatan itu, Heru Kurnianto memberi tips, menyusun buku ajar. Pertama, tulis setiap pekerjaan dan pikiran untuk memetakan alam pikiran penulis. Diingatkan, hati-hati terhadap plagiarism/ berkaitan dengan moral hazard dosen. Selain itu, membangun mindset bahwa karya di bidang keilmuan meningkatkan derajat dosen. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI