Wow! Ditangan Sardiman Beib Botol Air Mineral Disulap Jadi Wayang Kristal

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Sardiman Beib (62), seorang seniman di Yogyakarta berkreasi di tengah pandemi. Ia memanfaatkan botol plastik air mineral bekas menjadi Wayang Kristal yang memiliki nilai jual lebih.

Sardiman yang akrab disapa Sardi Beib selama ini dikenal sebagai seniman topeng kertas. Ia aktif membuat sanggar sejak 2011 dan terus menularkan seni tersebut pada generasi muda.

Di masa pandemi, tepatnya sejak 5 bulan silam ia mulai berkreasi, berpikir bagaimana memanfaatkan botol air mineral bekas yang terus bertumpuk di lingkungan masyarakat. Bermodal solder dan setrika listrik, Sardi membuat wayang dari lembaran-lembaran plastik botol.

“Lima bulan lalu saya berpikir, karena pandemi banyak diam di rumah. Lalu karena saya juga pegiat lingkungan maka coba berkreasi dari botol plastik minuman bekas. Pertama buat lampu bentuk bunga, tapi kok terlalu gimana gitu, jadi ya muncul ide buat wayang,” ungkapnya ketika berkisah, Kamis (8/4/2021).

Untuk berkreasi membuat wayang transparan yang kemudian disebut kristal, Sardi bereksperimen hingga beberapa kali. Pasalnya, membuat wayang dengan medium plastik membutuhkan ketelitian dan teknik yang penuh perhitungan.

“Membuatnya ini mudah tapi perlu ketelitian, bagaimana menyetrika plastik biar tidak leleh dan mengerut, itu juga butuh teknik namun mudah kalau sudah diketahui. Lima bulan ini saya sudah membuat tiga generasi, Punakawan dan Pandawa Lima. Awalnya kristalnya belum terlihat karena kurang maksimal pelurusannya, namun ketiga ini sudah lebih smooth jadi kelihatan maksimal,” sambung dia.

BERITA REKOMENDASI