Wow! Pelajar DIY Raih Emas Catur Cepat di Malaysia

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Pecatur DIY Ryan Maheswara Pratama Mandala yang juga merupakan siswa kelas XII SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta berhasil meraih dua medali (emas dan perak) dalam Kejuaraan Catur Junior tingkat ASEAN '18th ASEAN Age Group Open Chess Championships di Kuantan Pahang Malaysia, 25 November-3 Desember 2017.

 

Medali emas Ryan didapat di nomor rapid chess (catur cepat) U-18 mengalahkan 4 pecatur Filipina di partai final. Sedangkan di nomor blitz chess (catur kilat) U-18, Ryan dipaksa mengakui keunggulan pecatur Filipina sehingga harus puas dengan medali perak. "Di final rapid chess saya seperti dikeroyok 4 pecatur Filipina namun saya berhasil mengumpulkan poin tertinggi sehingga dapat emas. Capaian ini sudah memenuhi target awal untuk membawa pulang medali," terang Ryan kepada KRjogja.com setelah mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Senin (4/12/2017) malam.

Sekretaris Umum Pengda Percasi DIY Agus Windarto mengatakan, kejuaraan diikuti 7 negara, terdiri 5 negara ASEAN plus Tiongkok dan Australia. Ryan berangkat ke Malaysia bersama 11 atlet catur Indonesia yang sebelumnya menjuarai kejurnas. "Prestasi yang ditorehkan Ryan ini mengobati dahaga prestasi Percasi DIY," katanya. Kontingen Indonesia total berhasil membawa pulang 13 medali dalam kejuaraan ini.

Wakil Kepala SMA Kebangkitan Bangsa Ahmad Nurani mengaku sangat bangga dengan prestasi internasional yang ditorehkan siswanya. Pihak sekolah selalu memberi dukungan untuk pengembangan prestasi siswanya, baik bidang sains, seni maupun olahraga. Dukungan yang diberikan berupa fasilitas maupun beasiswa bagi siswa berprestasi. "Diharapkan prestasi yang ditorehkan Ryan memotivasi siswa lain untuk berprestasi juga," katanya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI