Yoga, Olahraga yang Sedang Naik Daun, Apa Manfaatnya?

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan Kedutaan Republic India untuk Indonesia mengadakan Yoga Session pada Senin (17/12). Acara ini diadakan sebagai rangkaian acara India Culture Week dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai tuan rumahnya.

Terbuka untuk umum, acara ini disambut baik oleh tak hanya mahasiswa tetapi juga oleh masyarakat Yogyakarta. Terbukti dengan pendaftar sejumlah kurang lebih 300 orang dari berbagai kalangan. 

Yoga sendiri merupakan salah satu olahraga asal negara India yang yang sedang naik daun di Indonesia. Yoga telah berkembang semenjak 5-10 ribu tahun yang lalu di India. Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta “Yuj” yang berarti penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas, jiwa dan kesadaran yang universal serta ilahi.

Berikut adalah beberapa manfaat yoga untuk kesehatan :
1. Yoga bermanfaat untuk mengatur berat badan.
Bagi anda yang ingin menjaga berat badan ideal anda, yoga adalah salah satu pilihan olahraga yang cocok
2. Membantu mengurangi stress, depresi dan gangguan tidur
Padatnya rutinitas harian anda tentu dapat berpotensi menimbulkan rasa penat dan stress yang melanda. Bahkan tak jarang, kualitas istirahat dan tidur menjadi terganggu. Dengan melakukan yoga secara rutin, rasa stress dan depresi ini dapat teratasi. Anda pun bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik dan lebih segar untuk beraktifitas esok hari.
3. Melancarkan pernapasan
Relaksasi pernapasan merupakan salah satu aktifitas dalam yoga ini. Bagi anda yang memiliki gangguan pernapasan, yoga dapat menjadi pilihan anda.
Bagaimana  tertarik untuk mencoba olahraga satu ini?

(Nabila Khoirunnisa Harliani/Magang UIN)

 

BERITA REKOMENDASI