Yogya Akan Diberi Wewenang Tes Virus Corona

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta akan segera diberi wewenang oleh pemerintah pusat untuk ikut melakukan tes spesimen Virus Corona. Diketahui, perwakilan sepuluh BBTKLPP di Indonesia diminta ke Jakarta untuk memberikan komitmennya terkait akurasi tes Covid-19.

“Kurang lebih sepuluh BBTKLPP di Indonesia sedang diminta ke Jakarta untuk memberikan komitmennya. Mereka diminta untuk berkomitmen melakukan tes Covid-19 dengan primer dan reagen yang sama, sesuai dengan standar WHO,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, drg Pembajun Setyaning Astutie MKes, Senin (16/03/2020).

Dengan begitu, pemeriksaan hasil swab pasien suspect Corona bisa dilakukan di Yogyakarta tanpa harus dibawa ke Jakarta. Ini merupakan langkah untuk mempercepat diagnosa Pasien Dalam Pemantauan (PDP). Selama ini, pemerintah pusat baru menetapkan setidaknya ada tiga laboratorium yang bisa digunakan untuk membantu Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), yakni Laboratorium Eijkman, Universitas Airlangga dan BBTKL.

BBTKLPP Yogyakarta sendiri merupakan laboratorium dengan sertifikat Bio Safety Level (BSL) 2 yang artinya sudah siap untuk mengetes virus SARS-CoV-2. “Tentu, ini adalah harapan kami bisa ikut terlibat dalam tes spesimen,” tandas Pembajun. (R-1)

BERITA REKOMENDASI