‘YOGYA ANNUAL ART #5’ Ibadah Budaya untuk Indonesia

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pameran seni rupa bertajuk ‘Yogya Annual Art (YAA) #5’ memajang karya-karya seni rupa hasil kreasi perupa Yogyakarta dan luar kota serta memajang foto-foto karya almarhum Djaduk Ferianto. Foto-foto karya Djaduk Ferianto yang sebenarnya akan diikutkan dalam gelaran Jazz Festival di Afrika Selatan tahun 2020.

Hanya saja, karena terjadi pandemi Covid-19, gagal tidak jadi berangkat ke Afrika Selatan. Akhirnya, foto-foto hasil bidikan almarhum Djaduk Ferianto, dipajang dalam pameran YAA#5 ini, yang merupakan ibadah budaya agar bisa diapresiasi bersama dengan karya-karya seni rupa hasil kreasi para perupa. Sehingga, pameran YAA#5 ini merupakan ibadah budaya untuk Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi SHLLM, saat membuka pameran seni rupa ‘YAA#5’ bertajuk ‘Hybridity’, diSangkring Art Space ditandai dengan memukul kentongan. Dalam kesempatan itu perupa Putu Su-tawijaya (pemilik Sang-kring Art Space) menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan ‘Garuda’ kepada Retno Marsudi. Pameran ‘YAA#5’ yang memajang karya berupa lukisan, patung berbagai tema dan ukuran serta 20 foto karya Djaduk Ferianto dan dikuratori oleh Dr Kris Budiman ini, berlangsung hingga 4 November 2020 mendatang.

Retno Marsudi mengatakan, pada 23 Juli 2020, dihubungi melalui WA oleh Butet Kartaredjasa untuk membuka pameran foto-foto karya almarhum Djaduk Ferianto dalam ‘YAA#5’di Yogya. ”Saya membuka WA dari Mas ButetKartaredjasa, 24 Juli pagi. Intinya, jika jadwal menghadiri acara sidang tidak jadi, sanggup untuk membuka pameran. Kebetulan ketika Mas Djaduk meninggal, saya tidak bisa datang melayat. Karena, saya posisi sedang di luar negeri. Sehingga, bisa membuka pameran YAA#5 yang juga memajang foto-foto karya Djaduk ini, merupakan kesempatan yang istimewa. Bahkan bisa bertemu dengan teman-teman seniman perupa Yogya. Pameran ini, semoga sukses dan tetap sesuai dengan protokol kesehatan cuci tangan, jaga jarak, pakai masker,” kata Retno Marsudi.

BERITA REKOMENDASI