Yogya Batal Tuan Rumah Piala Dunia, Alasan Aktivitas Merapi Dipertanyakan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono menyampaikan penyesalannya atas pernyataan Ketua Umum PSSI M Iriawan bahwa aktivitas Gunung Merapi menjadi alasan dibatalkannya Yogya menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Padahal sebetulnya, Gunung Merapi juga sama dengan gunung api yang lain seperti Gunung Agung di Bali, Gunung Kelud di Jatim dan Gunung Krakatau di Jabar. Bahkan letusan Gunung Krakatau dalam sejarahnya lebih dahsyat dari Gunung Merapi.

“Statmen itu sangat merugikan kita, destinasi pariwisata DIY. Alangkah bijaknya bila dengan alasan yang realitis saja. Kalau statmen yanga ada saat ini sangat lucu. Merapi saat meletus,juga berdampak pada daya tarik wisata baik untuk wisatawan asing dan nusantara,” kata Deddy Pranowo Eryono kepada KRJOGJA.com, Senin (07/06/2020).

Deddy Pranowo Eryono tak mempermasalahkan Yogya batal menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun ia meminta alas an yang dipergunakan hendaknya masuk akan dan jangan asal melontarkan penyataan. Karena apa yang dilontarkan Iriawan akan berdampak pada citra pariwisata DIY.

“Kita tidak terpilih juga tidak masalah asal tidak alasan yang lucu dan janggal. Dan tidak merugikan citra pariwisata DIY,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI