Yogya Punya Oleh-Oleh Baru, Bakpia Kukus “Tugu Jogja”

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Wisatawan dan masyarakat yang berada di Yogyakarta agaknya bakal punya banyak pilihan buah tangan. Setelah menjamur berbagai kue dengan tema menarik yang mengklaim diri hanya ada di Yogya, kini ada pula bakpia kukus yang muncul dengan brand Tugu Jogja. 

Brand Bakpia Kukus Tugu Jogja ini baru saja membuka gerai di Yogyakarta Juni 2017 lalu dengan lokasi di Jalan Kaliurang km 5,5 Sleman. Produk bakpia ini mengklaim diri sebagai makanan lain daripada yang lain karena proses pembuatannya dengan dikukus.

M Faizal Chaniago, GM Grup Agrinesia Raya yang merupakan induk perusahaan Bakpia Kukus Tugu Jogja kepada wartawan dalam pengenalan produk Rabu (13/9/2017) mengungkap bakpia buatannya merupakan jenis yang lain dari biasanya. Menurut dia, cara pembuatan dengan cara dikukus baru kali pertama ini dilakukan untuk makanan jenis bakpia di Indonesia. 

"Kami memang membuat inovasi terbaru untuk melengkapi buah tangan dari Yogyakarta yakni bakpia kukus. Biasanya bakpia dioven atau dipanggang pembuatannya namun kami dikukus dengan isian berupa pasta yang membuatnya lebih lembut dan bisa dinikmati semua orang," ungkapnya. 

Alia Estrelita GM CV Tugu Jogja Istimewa menambahkan untuk mengidentikkan diri dengan Yogyakarta, brand Bakpia Kukus Tugu Jogja sengaja mengemas produk tersebut dengan perpaduan budaya Yogyakarta yakni batik. "Kami sematkan batik di kemasan dan logo pun kami buat bakpia berblangkon. Kami tak ingin menyebut oleh-oleh khas Jogja tapi paling tidak bisa menjadi pilihan buah tangan siapa saja yang ke Yogya," terangnya. 

Bakpia Kukus Tugu Jogja sendiri hadir dalam beberapa varian rasa yakni original (coklat, kacang hijau, kacang merah, keju) serta coklat (kacang hijau, coklat, kacang merah, keju). "Harga per box dengan isi 10 buah kami patok dengan Rp 25-30 ribu," sambungnya. 

Bakpia Kukus Tugu Jogja juga berkolaborasi dengan produk UKM Yogyakarta lainnya yang selama ini memang belum dikenal luas masyarakat. Total ada 111 item produk UKM asli Yogyakarta dijual bersama bakpia tersebut di gerai yang ada di Jalan Kaliurang km 5,5. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI