Yogya Tuan Rumah FAEA ke-41

YOGYA (KRjogja.com) – Yogyakarta bersiap menjadi tuan rumah konferensi internasional Federation of ASEAN Economist Associations (FAEA) ke-41 23-25 November 2016. Konferensi yang dihadiri 200 sarjana ekonomi dari 10 negara di ASEAN akan membahas topik empat pilar untuk mewujudkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dr Pos Hutabarat, Panitia Pengarah FAEA dalam temu pers di Bale Raos Kraton Rabu (9/11/2016) mengatakan terpilihnya Yogyakarta sebagai tuan rumah didasarkan pada kesesuaian topik yang akan dibahas dalam konferensi. Menurut dia, masa MEA yang sudah dimulai sejak 2015 mengarah pada bidang produksi jasa yang salah satunya adalah sektor pariwisata.

"Kami ingin berikan pengalaman langsung pada delegasi konferensi bagaimana Yogyakarta yang merupakan salah satu daerah tourism andalan Indonesia. Bagaimana pariwisata berdampak pada perekonomian dan nantinya masing-masing negara menyampaikan kendala yang dihadapi dan akan mencoba diurai bersama," terangnya.

Para ekonom tersebut nantinya akan membahas terkait langkah menjadikan kawasan ASEAN sebagai pasar tunggal yang kemudian menciptakan kawasan ekonomi berdaya saing tinggi. "Beberapa pembicara dijadwalkan hadir seperti Darmin Nasution Menko Perekonomian, Sri Mulyani Menkeu RI dan ekonom senior World Bank Hans Anand Beek yang akan membahas topik terkait hal tersebut," imbuhnya.

Komang Ni Sawitri, salah satu panitia pusat FAEA menambahkan pihaknya telah menjaring 28 paper hasil riset dari tujuh negara di Asean. "Paper-paper tersebut nanti akan dipresentasikan dan topiknya bervariasi yakni terkait kondisi perekonomian di negara-negara Asean," ungkapnya.

Sementara Lincolin Arsyad, Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Yogyakarta yang kali ini menjadi tuan rumah mengharapkan adanya implikasi positif dari konferensi tersebut terhadap perekonomian di DIY. "Yogyakarta diperkenalkan sebagai salah satu kota wisata di Indonesia dan harapannya bisa semakin populer terutama bagi wisatawan di Asean," terangnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI