Yogyakarta Komik Weeks ‘Dipendam Pandemi’, Saat Komikus Respon Covid-19

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Yogyakarta Komik Weeks 2020 bersiap digelar 9-15 Oktober di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Komikus dari berbagai daerah berpesta memamerkan karya merespon situasi ‘Dipendam Pandemi’ yang jadi tajuk gelaran tahun kedua ini.

Terra Bajraghosa, kurator Yogyakarta Komik Weeks 2020 mengungkap penyelenggaraan tahun ini memadukan online dan offline exhibition. Hal tersebut untuk tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi Covid ini.

“Pameran kami gelar di Sonobudoyo 9-15 Oktober namun pengunjung luring kami batasi 60 orang perharinya terbagi dalam dua sesi. Selain itu kami juga akan adakan diskusi melalui daring yang bisa diakses penggemar komik dari manapun,” ungkapnya pada wartawan, Rabu (07/10/2020).

Secara khusus, Yogyakarta Komik Weeks 2020 memberikan apresiasi pada komikus kawakan almarhum Wid NS dan Asnar Zacky. Almarhum Wid dikenal dengan komik superhero Godam dan Aquanus yang kini karya-karyanya banyak diburu kolektor.

“Untuk Asnar Zacky, beliau begitu menginspirasi karena menginisiasi mata kuliah komik untuk masuk ke kurikulum pengajaran tahun 1996. Karya Zacky juga luar biasa seperti Jakarta 2039 dan Sukab Intel Melayu berkolaborasi dengan Seno Gumira Ajidarma,” ungkapnya lagi.

Sementara dalam gelaran tahun ini dipamerkan pula karya 30 finalis Kukuruyug Dipendam Pandemi. Para komikus mulai tingkat SMA/SMK memamerkan karya merespon situasi terkini Indonesia.

“Menarik menyaksikan mereka merespon, tak hanya melulu Covidnya saja tapi kemudian juga ke ranah politik di mana kontestasi pilkada mulai bergulir. Menarik sekali dan sangat layak disaksikan. Tambah juga kami coba menyusun timeline komik sejak tahun 2000 hingga 2020 di Yogyakarta,” pungkas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI