YP MDR Adakan Forum Komunikasi Sekolah Binaan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dalam nuansa Hari Guru Nasional yang disperingati pada 25 November lalu seraya tindak nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) selenggarakan Forum Komuniaksi Sekolah Binaan (FKSB) ke- VI di Jakarta (29/11).

Seiring dengan bertambahnya wilayah  binaan YPA-MDR, sehingga Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) sangat perlu dan penting untuk diselenggarakan demi terjalin komunikasi serta meningkatkan sinergitas yang baik antara YPA-MDR, Pemerintah dan Sekolah.

Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo mengatakan menapaki tahun ke-6  rangkaian penyelenggaraan  FKSB kali ini mengusung tema “SDM CERDAS WUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL” yang dilaksanakan pada 28-30 November  2019 dan  diharapkan dapat menjadi wadah para peserta untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman serta berkomitmen dalam  meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi sekolah agar terwujud Sekolah Binaan Astra sebagai Sekolah Kebanggaan Bangsa, “Pride of the Nation”.

Mengingat pentingnya motivasi dan sinergi pendidik dalam pembelajaran, diharapkan FKSB yang ke enam ini dapat membangkitkan motivasi dan menginspirasi peserta yang hadir agar tercipta terobosan atas  keberhasilan proses belajar mengajar oleh para pendidik dan semakin kuatnya keadaan komite sekolah untuk proses pendidikan.

Herawati menambahkan pihaknya akan mengevaluasi kembali Komitmen sekolah binaan  2018/2019 yang telah dibuat pada FKSB Ke Lima (V)  sebelumnya. Komitmen tersebut merupakan tanggung jawab sekolah yang harus dicapai selama satu tahun kedepan, sehingga harus disusun dan diimplementasikan dengan benar, yang disaksikan juga oleh Komite Sekolah binaan. Harapan kami, seluruh komitmen tersebut dapat meningkatkan kinerja dan prestasi sekolah binaan”.

Selain itu, seiring dengan tema “SDM CERDAS WUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL” FKSB VI  ini akan menghadirkan berbagai narasumber inspiratif yang dapat mendukung tema tersebut serta pemberian apresiasi untuk sekolah binaan 

YPA-MDR secara konsisten berinovasi rangka peningkatan mutu pendidikan di wilayah pra sejahtera. Program-program inovasi itu diantaranya :

1. Membangun Web Portal YPA-MDR Net untuk digitalisasi sistem administrasi, informasi dan komunikasi dalam rangka memenuhi kebutuhan data informasi yang lebih cepat dan tepat.
2. Membangun School Collaboration System (SCS) untuk mengembangkan literasi digital yang nantinya dapat diakses oleh seluruh sekolah binaan. SCS ini akan mendukung terintegrasinya sistem informasi yang dibutuhkan dalam pembelajaran oleh semua guru binaan di semua area .
3.Melakukan program Lepas Landas (TAKE OFF), yaitu pemandirian utamanya bagi sekolah-sekolah yang telah berstatus Unggul. 
4. Mendukung program literasi, kami melakukan pelatihan jurnalistik kepada siswa SMP dan SMK yang diharapkan dapat memicu kreatifitas siswa dalam membuat berita kegiatan di sekolahnya.

YPA-MDR memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para Guru yang terus memberikan waktu, tenaga dan pemikirannya untuk kemajuan dan peningkatan peserta didik, generasi penerus Bangsa. (*)

BERITA REKOMENDASI