Yuni Astuti Bagi-bagi Uang untuk Ojol Perempuan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Raut wajah Indah Purwati (40), seorang pengemudi ojek online (ojol) tampak begitu sumringah saat dijumpai di parkir timur Taman Pintar, Jumat (17/07/2020) siang. Indah yang membawa putri bayinya baru saja mendapat uang dan beras lima kilogram dari Yuni Astuti ‘Si Perempuan Bermasker’.

Indah menjadi salah satu tulang punggung keluarga karena sang suami yang juga ojol mengalami penurunan pendapatan selama pandemi. Ia harus membantu mencari biaya untuk anaknya, menerima orderan dari rumah dan berangkat setelah menitipkan putrinya pada sang kakak.

“Ya begini, kalau narik sekarang ini dari rumah, anak harus ditinggalkan bersama budhenya, nanti kalau selesai narik balik lagi ke rumah. Ya begini karena situasi saya harus ikut mencari nafkah,” ungkap warga Jogoyudan ini.

Kisah Indah menjadi salah satu dari antara 70 ojol perempuan yang berkumpul di parkir timur Taman Pintar hari ini. Komunitas yang bernama Pasukan Ojol Perempuan (POP) diundang oleh Yuni Astuti, sosok perempuan bermasker yang viral beberapa waktu lalu.

Yuni kembali membagikan uang dan sembako bagi para ojol perempuan. Ia mengaku merasakan kesulitan ojol perempuan yang hampir sebagian besar bekerja sebagai tulang punggung keluarga.

“Saya mendengar cerita mereka, mencoba memahami dan bergerak dengan apa yang saya bisa. Mungkin sekarang yang baru saya bisa seperti ini, memberikan sedikit untuk menyemangati mereka bekerja. Mereka menginspirasi saya untuk bekerja keras, karena mereka ini perempuan tangguh,” ungkap Yuni usai membagikan uang.

Yuni berharap, penyedia aplikasi ojol untuk memperhatikan pengemudi perempuan dengan menyediakan posko untuk beristirahat. Selama ini ojol perempuan mengaku tak punya ruang istirahat layak saat menanti orderan.

“Kan pasti tidak enak ya kalau menunggu bareng teman-teman yang cowok, mungkin mau tiduran karena lelah jadi pekewuh. Harapannya teman-teman penyedia aplikasi bisa lah membuat beberapa tempat untuk driver perempuan,” sambungnya.

Sementara Dwi Setyowati, koordinator POP mengapresiasi perhatian yang datang dari Yuni Astuti. Ia mengatakan sebagian besar ojol perempuan yang ikut dalam acara di parkir timur Taman Pintar ini merupakan tulang punggung keluarga yang memang membutuhkan.

“Kami pilih 70 orang meski sebenarnya ojol perempuan di DIY ini sampai ribuan. Teman-teman ini yang paling membutuhkan karena sebagian besar tumpuan ekonomi keluarga, di mana mereka single parent. Kami sangat berterimakasih atas perhatian pada kami,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI