Ziarah di Makam Ketua Kongres Sumpah Pemuda

YOGYA KRJOGJA.com – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pengurus Harian Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa (MLPTS) menyelenggarakan ziarah di makam Ketua Kongres Pemuda II Ki Soegondo Djojopoespito di Taman Wijaya Brata Yogyakarta, Rabu (28/10/20). Kongres Pemuda II itulah yang melahirkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Ziarah dipimpin oleh Plt Ketua Harian MLPTS Ki Drs Pardimin PhD. Diawali dengan doa bersama kemudian tabur bunga di makam Ki Hadjar Dewantara dan Nyi Hadjar Dewantara. Selanjutnya tabur bunga di makam Ki Soegondo Djojopoespito. “Ziarah itu sebagai ujud kepedulian Tamansiswa terhadap para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan,” kata Ki Pardimin.

Kepedulian itu dengan mendoakan agar arwah pahlawan mendapat kebaikan saat di alam kubur dan di akhirat. Peserta ziarah pengurus harian MLPTS dan karyawan, serta perwakilan Cabang Tamansiswa yang ada di Kota Yogyakarta. Di antaranya Cabang Ibu Pawiyatan, Cabang Jetis, Cabang Kumendaman dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST).

Peserta tersebut sekaligus mewakili Cabang Tamansiswa seluruh Indonesia. Ki Soegondo Djojopoespito lahir di Tuban pada 22 Februari 1905, meninggal di Yogyakarta 23 April 1978. Pada tahun 1978 mendapat Piagam Tanda Kehormatan dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Pemerintah sebagai Ketua Kongres Pemuda. Kemudian tahun 1992 mendapat Piagam Tanda Kehormatan Perintis Pergerakan Kemerdekaan. (War)

BERITA REKOMENDASI