14 Masjid di Kecamatan Kedungbanteng Adakan Salat Jumat

BANYUMAS,KRJOGJA.com – Mulai hari ini Jumat (5/6/2020) sebanyak 14 masjid di 14 desa di Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas menggelar salat Jumat berjamaah, setelah sebelumnya ada larangan dari pemerintah karena wabah Covid-19.

“Kebijakan tersebut diputuskan setelah rapat Forkompimcam Kedungbanteng, dan tokoh agama,” kata Kapolsek Kedungbanteng AKP Sudiro, Jumat (5/6/2020) saat mengecek persiapan Masji Al Iklas di Desa Kedungbanteng.

Menurutnya masjid-masjid yang diperbolehkan untuk menggelar salat Jumat yakni masjid yang berada di dalam perkampungan. Setiap desa hanya ada satu masjid yang diperbolehkan menggelar salat jumaat. “Itupun harus masjid yang ada di dalam karena dikhawatirkan jika di pinggir jalan ada warga pendatang yang ikut salat. Kalau di dalam kampung kan hanya warga di sekitar,” ungkapnya.

Saat melakukan salat jumat para jamaah diwajibkan menaati protokol kesehatan Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah. Seperti jamaah membawa sajadah sendiri, pengukuran suhu badan,cuci tangan sebelum masuk masjid, memakai masker, jaga jarak minimal 1,8 meter, dan masjid tidak menggunakan karpet, serta tidak ada salaman. Untuk kotak infak tidak dikelilingkan, khotib saat kotbah maksimal 15 menit. (Dri)

BERITA REKOMENDASI