17 Pencuri Spesialis Elektronik Dibekuk

Editor: Agus Sigit

PURWOKERTO, KRJogja.com – Sebanyak 17 pencuri spesialis barang elektronik berhasil dibekuk Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banyumas, Jawa Tengah.

“Mereka selama ini telah mencuri barang-barang elektronik di sejumlah tempat kos, sekolah dan perkantoran di wilayah Banyumas,” kata Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka, Rabu (19/2/2020) saat melakukan press releasi di Mapolres setempat.

Ke-17 pelaku yang sebagian besar warga Banyumas itu Kw (31), Nk (17), Wt (45), Ag (41), Wj (17), Pn (15), Fl (21), Ad (19), Sm (46), Hn (28), Dd (20), dan Wd (32). Kemudian ada dua tersangka pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) berinisial Ep (25), Ea (27).

Whisnu Caraka, menjelaskan para pelaku melakukan sudah melakukan aksi di 20 lokasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Banyumas. Pencurian dilakukan sejak tahun 2018 hingga 2020.

Menurutnya dalam aksi tersebut di 20 lokasi, mereka satu hingga dua pelaku dengan peralatan linggis.” Mereka bukan satu jaringan. Barang-barang yang dicuri barang elektronik seperti HP, laptop dan kamera,” ungkap Whisnu.

Saat berksi mereka menyasar tempat-tempat yang minim pengamanan. Kemudian dilakukan pencurian pada jam jam sepi -antara pukul 03.00 hingga 04.00 WIB.

Oleh para pelaku barang hasil curian dijual melalui online shop. Dari sekian hasil pencurian barang berhasil disita Seperti laptop, handphone, kamera. Sedang peralatan yang digunakan seperti linggis dan bambu.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan para tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman diatas hukuman lima tahun penjara. (Dri)

 

BERITA TERKAIT