310 ribu Benih Ikan Ditebar di Reservaat Sungai Serayu

Editor: KRjogja/Gus

BANYUMAS,KRJOGJA.com – Untuk mendukung ketahanan pangan dan mata pencaharian bagi masyarakat yang hidup di sekitar sungai,serta untuk pelestarian dan penjagaan ekosistem pada perairan umum,
Plt Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan,Jumat (16/3/2018) melakukan penebaran benih ikan nilam dan tawes, sebanyak 310 ribu ekor di Reservaat Sungai Serayu Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo.

Kegiatan itu digelar Pemkab Banyumas, bekerja sama dengan Departemen Kelautan dan Perikanan melalui  Unit Pelaksana Teknis (UPT), Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Penebaran ikan dilakukan bersama UPT BBPBAT, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Muspika Rawalo, Kades Tambaknegara dan Gambarsari serta kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) perairan umum. 

Plt Bupati,  Budhi SetiawAn mengatakan perikanan perairan umum memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung ketahanan pangan dan mata pencaharian bagi masyarakat yang hidup di sekitarnya.

"Oleh karenanya, pelestarian dan penjagaan ekosistem pada perairan umum perlu dilaksanakan secara integrasi antara pemerintah dan masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya  Pemerintah Kabupaten Banyumas terus berupaya mendorong pengelolaan dan pemanfaatan perairan umum darat secara berkelanjutan dan berkesinambungan. 

Ia sangat mendapat respons dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, yakni pada tahun 2017 yang lalu, Sungai Serayu menjadi salah satu dari 10 sungai besar di i
Indonesia yang direvitalisasi, melalui pembangunan tempat pendaratan ikan dan pembuatan reservaat atau daerah suaka ikan.(Dri)

 

BERITA REKOMENDASI