40 Produk UMKM Purbalingga Dikurasi, Yang Lolos Berpeluang Ekspor ke Amerika Serikat

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Tidak kurang dari 40 produk UMKM Purbalingga dikurasi oleh Tim Kurator produk UMKM PT Poeri Indonesia, Kamis siang (9/6/2022). Produk yang lolos kurasi, nantinya berkesempatan untuk bisa ekspor produk ke Amerika Serikat.

Didampingi petugas Dinas Koperasi dan UMKM (DinkopUMKM) Jateng, tim kurator mengunjungi sejumlah tempat produksi dan mengambil sampel untuk dianalisa. Bila memenuhi syarat, produk tersebut akan mendapat sertifikat.

“Semoga bisa mendapat banyak dan siap ekspor,” tutur Silvia G Wijaya, ketua tim kurator yang juga Director of Management Relations PT Poeri Indonesia kepada wartawan, Kamis (9/6/2022).

Kepada tim kurator, bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyebutkan, Pemkab Purbalingga memberi perhatian yang lebih terhadap sektor UMKM. Usaha kecil menengah itu merupakan sektor yang paling tahan terhadap krisis. Berbagai program Pemkab meliputi fasilitasi pelatihan, peralatan, bantuan permodalan, packaging, pemasaran dan sebagainya.

“Tapi kami sadar betul. Bila ingin menembus pasar internasional harus tahu produk yang diinginkan oleh mereka.. Kami juga harus bisa menyesuaikan dengan market yang dibutuhkan,” ujarnya.

Bupati Tiwi minta tim kurator memberikan masukan-masukan terhadap Dinkop UKM maupun Dinperindag terkait produk yang sedang dibutuhkan dan diminati di Amerika Serikat. Dengan demikian pihaknya bisa mengembangkan produk tersebut di Purbalingga.

BERITA REKOMENDASI