41 Napi Bandar Narkoba Dipindahkan ke Nusakambangan

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Sebanyak 41 narapidana (napi) bandar narkoba dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Jakarta dan Banten dipindahkan ke Nusakambangan Cilacap, Jumat, (05/06/2020). Dari sejumlah bandar narkoba itu merupakan terpidana hukuman mati dan seumur hidup dan ditempatkan di Lapas Super Maksimum Sekuriti Batu dan Lapas Karanganyar, Nusakambangan.

“Jadi yang terpidana mati itu sebanyak 10 orang, 11 orang terpidana seumur hidup,” ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Dirjen PAS Kemenkumham), Reynhad Saut Poltak Silitonga di Dermaga Wijayapura Cilacap.

Sedang dari 41 napi itu berasal dari Lapas Cipinang Jakarta sebanyak 21 orang, Rutan Salemba 7 orang, Lapas Narkotika Jakarta 3 orang, Lapas Klas I Tangerang Banten 4 orang, Lapas Cilegon 1 orang, Lapas Klas II Tangerang 4 orang, dan Lapas Serang 1 orang.

Dijelaskan Reynhad, pemindahan Napi narkoba itu sebagai bentuk komitmen Kemenhukham untuk memindahkan napi bandar narkoba ke Nusakambangan. Upaya pemindahan itu sudah melalui asesmen yang dilakukan Kanwil Kemenhukham Jakarta dan Banten. “Dan setelah ini masih ada pemindahan lagi, karena dilakukan secara bertahap,” lanjutnya. (Otu)

BERITA REKOMENDASI