45 Anggota DPRD Purbalingga Resmi Dilantik

PURBALINGGA, KRjogja.com – 45 Anggota DPRD Purbalingga periode 2019-2024 dilantik dan diambil sumpahnya di Ruang Paripurna DPRD, Senin siang(19/8). Acara sakral yang sedianya dilaksanakan pukul 9.30 molor satu jam karena Ketua Pengadilan Negeri (PN) Purbalingga Bambang Sucipto yang berwenang melantik tidak kunjung hadir hingga petugas Sekretariat DPRD berinisiatif menjemput ke kantornya.

"Selain pelantikan dan pengambilan sumpah, dalam rapat paripurna itu juga ditetapkan pimpinan dewan sementara. Yakni Ketua Dewan Bambang Irawan dari PDIP dan Wakil Ketua Aman Waliyudin PKB," tutur Sekretaris DPRD, Tri Gunawan usai Rapat Paripurna, Senin siang (19/8/2019).

Tri Gunawan menambahkan, dari 45 anggota dewan terlantik, 20 diantaranya merupakan wajah baru. Salah satu wajah baru itu, yakni Wakil Ketua Sementara Aman Waliyudin.

Pada pemilu legislatif 2019,  delapan partai politik (Parpol) berhasil menempatkan kadernya di lembaga legislatif Purbalingga. Masing-masing PDIP dengan 10 kursi, PKB (9), Partai Golkar (7), Partai Gerindra (6), PKS dan PAN dengan perolehan kursi masing-masing 4.

Sedangkan PPP dan Partai Demokrat dengan masing-masing 2 kursi dan Partai Nasdem dengan kursi tunggal. Sementarq tujuh parpol lainnya gagal menempatkan kadernya di parlemen.

Parpol yang gagal meraih kursi DPRD Purbalingga,  masing-masing Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai  Berkarya, Perindo, PSI, Partai Hanura, PBB dan PKPI. Deretan parpol itu meliputi tiga parpol lama, yakni Partai Hanura, PBB dan PKPI. Sedangkan empat lainnya merupakan empat parpol baru.  (Rus)

BERITA TERKAIT