54 Barista Ikuti Lomba Seduh Kopi V60

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Tidak kurang dari 54 barista dari wilayah eks Karesidenan Banyumas, Bumiayu dan Tegal berpartisipasi dalam kompetisi menyeduh kopi V60 Fun Battle di Kantor Cofee, Jalan Pujowiyoto Purbalingga, Kamis (28/11/2019). Peserta lomba wajib menggunakan kopi asli Purbalingga khas lereng Gunung Slamet.

“Melalui perlombaan ini, nanti akan diketahui teknik menyeduh kopi yang lebih enak," tutur Ketua Penyelenggara Teguh Widianjaya, Kamis (28/11/2019).

Menurut Teguh, kopi merupakan minuman sederhana. Tapi dengan diracik barista, rasa kopi akan menjadi premium.

Melalui lomba itu, Kopi Purbalingga bisa dikenal lebih luas dan menjadi komoditi yang membanggakan. Dari kompetisi itu juga bisa dimunculkan barista-barista handal dan profesional.

Lomba seduh kopi V60 Fun Batle itu mendapat apesiasi Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi). Bupati mengingatkan, Purbalingga memiliki sejarah yang gemilang dalam hal produktifitas kopi di eks-Karesidenan Banyumas pada era kolonial.

“Kejayaan kopi Purbalingga sempat menurun. Karenannya pegiat kopi termasuk petani kopi harus bersinergi membangkitkan kembali kejayaan kopi di Purbalingga. Pemerintah mendorong dengan berbagai penyelenggaraan even kopi,” ujarnya.

Melalui lomba seduh kopi ini, Tiwi berharap kopi Purbalingga bisa dipromosikan. Sehingga lebih banyak dikenal oleh barista-barista di luar Purbalingga agar lebih diperhitungkan sebagai salah satu menu favorit di kedai masing-masing.

“Dalam waktu dekat di Pendopo Dipokusumo juga akan ada Coffee Shop, yang menang di sini nantinya bisa kami rekrut untuk menjadi baristanya,” katanya.(Rus)

BERITA REKOMENDASI