Abdi Dalem Kraton Solo ‘Gajian’

SOLO (KRjogja.com) – Para abdi dalem Keraton Kasunanan Solo terlihat bergembira saat antre duduk di Nguntorosono, Senin (04/07/2016). Mereka bergantian untuk mengambil gaji bulan Juli dan kupon pengambilan paket sembako di Sasana Handrawina.

Walau gaji yang diterima tidak banyak, namun secara umum mereka bangga dan puas karena dicairkan dua hari menjelang Lebaran. Diantara mereka ada yang menerima gaji sebesar Rp 102.000,- Angka itu tertera di amplop coklat dibawah nama abdi dalem. Para abdi dalem bisa mensyukuri.

"Mereka di Keraton lebih menonjolkan pada pengabdiannya. Kalau untuk menutup kebutuhan jelas jauh dari kurang. Tapi saya di Keraton Nderek Ngawulo," jelas Sumardi yang sudah sekitar 20 tahun sebagai pangrawit.

Wakil Pengageng Sasana Wilapa KP Winarno Kusumo menjelaskan setiap bulan keraton menyiapkan dana Rp 65 juta untuk membayar gaji 484 abdi dalem. Besaran gaji bervariasi dan yang paling tinggi Rp 500.000,- Perlu diketahui ini uang keraton sendiri, bukan bantuan dari pemerintah.

"Sejak 2010 keraton tidak lagi mendapatkan kucuran dana pemerintah. Jadi harus mencari sendiri untuk membayar gaji semua abdi dalem. Alhamdulillah bisa dan lancar," tutur KP Winarno. Abdi dalem keraton tersebar di mana-mana diantaranya di Imogiri, Purwodadi sebagai juru kunci di makam Kiai Selo dan di Tegal sebagai juru kunci Kanjeng Sunan Amangkurat Agung. (Qom)

 

BERITA REKOMENDASI