Ada Gangguan, Listrik Jateng Selatan, dan Sebagian DIY Padam

Editor: KRjogja/Gus

BANYUMAS, KRJogja.com – Jaringan listrik Jawa Tengah bagian selatan, dan sebagian DIY, Selasa (11/2) siang mengalami gangguan sehingga mengakibatkan padam total. Sejumlah wilayah yang mengalami padam yakni Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purworejo, hingga Wates.

Manajer Humas PLN Unit Induk Distribusi PLN Jateng-DIY, Haris saat dihubungi wartawan, Selasa (11/2/2020), membenarkan adanya gangguan pada sistem 500 Kilovolt (kv) antara Kesugihan-Pedan. “Ini kami lagi mau membuat pemberitahuan secara resmi, dari komunikasi APJ Jawa Tengah,” kata Haris.

Saat ditanya berkaitan dengan penyebab padamnya listrik di sebagian wilayah Jateng Selatan dan sebagian DIY, hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Meski begitu PLN akan segera melakukan perbaikan agar padamnya listrik ini tidak terlalu lama.

Keterangan yang dihimpun KRJogja.com, menyebutlan gangguan yang terjadi di PLTU Kesugihan Cilacap yang mengalami trip atau trouble pukul 11.42 WIB dengan beban padam 560 Megawatt. Kemudian ada gangguan di Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV di Pedan-Kesugihan dan Kesugihan-Tasik trip atau trouble 25 jalur.

Dampaknya sejumlah gardu induk mengalami padam disebagian wilayah Jawa Tengah & DI Yogyakarta bagian barat. Setidaknya ada 12 Gardu Induk (GI) yang padam.

Ke 12 GI tersebut, GI Bumiayu, GI Kalibakal, GI Rawalo, GI Semen Nusantara, GI Lomanis, GI Kasugihan, GI Gombong, GI Kebumen,GI Purworejo,GI Wadas Lintan, GI Wates, GI Temanggung GI Ajibarang.

Dampak jaringan listrik mati membuat sinyal provider di Banyumas terganggu, sehingga pengguna internet mengalami gangguan. “Internet mengalami gangguan, saya mau kirim berita sulit,” kata Shandi (29) pewarta media online di Purwokerto. (Dri)

BERITA REKOMENDASI