Agar Pembangunan Berlanjut, Kades Jangan Hanya Satu Periode

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Demi kesinambungan pembangunan, Kepala Desa (Kades) idealnya bisa menjabat dalam durasi maksimal, yakni hingga tiga periode. Karena bila hanya menjabat satu periode, tidak ada jaminan program kades sebelumnya dilanjutkan oleh penerusnya.

“Lepas dari urusan politik atau jabatan, saya selalu meminta kades dan bupati agar tidak hanya memikirkan satu periode,” tutur Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Serang Kecamatan Karangreja Purbalingga, Selasa (10/3/2020).

Karena bila setiap periode ganti kepala desa, kendati sudah ada visi dan misi, pasti akan diikuti pergantian-pergantian kebijakan. Artinya tidak ada jaminan kesinambungan program pembangunan.

“Bila itu yang terjadi, kasihan warganya,” ujarnya.

Agar kades bisa menjabat tiga periode atau bupati menjabat dua periode, kades dan bupati harus bekerja keras dan berupaya maksimal dalam mensejahterakan rakyatnya. Kades atau bupati harus melakukan pengabdian dengan tulus ikhlas kepada masyarakat.

Kunjungan kerja Mendes PDTT di Desa Serang dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forpimda), Forkompimcam, dan kades di seluruh Purbalingga.(Rus)

BERITA TERKAIT