Ajak Cinta Lingkungan, Humas KLHK Kunjungi SMAN 2 Slawi

SLAWI, KRJOGJA.com – Pentingnya peran generasi muda dalam mendukung pelestarian lingkungan dan kehutanan, menjadikan generasi muda sebagai aset yang potensial sebagai agen lingkungan.  Terkait hal ini, Biro Hubungan Masyarakat (Humas) KLHK berkunjung ke salah satu sekolah berwawasan lingkungan di Slawi, Jawa Tengah, yaitu SMAN 2 Slawi (13/12/2017).
 
Dalam kesempatan ini, dilakukan kegiatan Nonton Bareng (Nobar) film-film bertema lingkungan hidup dan kehutanan. Sebanyak 300 orang mengikuti acara nobar ini, yang terdiri dari siswa siswi kelas X, XI, dan XII SMAN 2 Slawi. Hadir pula staf dan guru SMAN 2 Slawi, serta perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal.
 
"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Dan harus menjadi semangat untuk menjaga lingkungan, karena bumi ini adalah titipan untuk generasi yang akan datang, bukan warisan, jika titipan maka harus dijaga dengan baik", ujar Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono Hadi.
 
Sebagai bagian dari kepedulian terhadap lingkungan, Djati juga mengajak untuk setidaknya tanam 25 pohon selama hidup, yaitu masing-masing 5 pohon saat SD, SMP, SMA, kuliah, dan saat menikah.
 
"Jadi peduli lingkungan bisa dimulai dari lingkungan sekitar. Selain itu, dapat juga dengan membuat publikasi gerakan cinta lingkungan melalui film sederhana tentang aktivitas sehari-hari di lingkungan sekolah yang menggambarkan kepedulian lingkungan," tambah Djati.
 
Acara ini juga diisi dengan penyebaran informasi seputar kegiatan bidang LHK dan upaya-upaya sederhana dalam menjaga lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, menghemat energi dan air, serta pemilahan sampah. Selain itu, diskusi interaktif, pentas seni para siswa, dan pembagian doorprize, turut memeriahkan kegiatan ini.
 
Kepala Sekolah SMAN 2 Slawi, Sunarni, senantiasa mengingatkan para siswa agar memegang teguh prinsip SMAN 2 Slawi sebagai sekolah yang memegang teguh prinsip "Berprestasi, Mandiri, Cinta Lingkungan, Berasaskan Iman dan Takwa". Sunarni juga menyampaikan bahwa sebagai aset negara dan harapan keluarga, maka ilmu adalah pembuka untuk masa depan para siswa.
 
"Nobar kali ini diharapkan menambah ilmu tentang lingkungan, untuk ditularkan ke yang lain, agar lebih cinta dan peduli terhadap lingkunga. Karena lingkungan adalah bagian dari hidup kita, kita harus bersama-sama menyelamatkan lingkungan. Bersih sampah, merawat pohon, pohon untuk bernafas, karena udara bersih adalah kebutuhan penting. Semua harus ikut berperan, sehingga bumi menjadi nyaman untuk kita tempati," pesan Sunarni. (*)

BERITA REKOMENDASI