Alhamdulillah..Dibuang di Sungai, Bayi Baru Lahir Ditemukan Masih Hidup

Editor: Agus Sigit

BANJARNEGARA, KRJOGJA.comKegemparan terjadi di Desa Gentansari Kecamatan Pagedongan Banjarnegara menyusul ditemukannya kardus berisi sesosok bayi merah berjenis kelamin laki-laki terapung di sungai Kedawung di desa setempat, Jumat (20/5). Bayi buangan itu berhasil diselamatkan dan dirawat di rumah sakit.
Kapolsek Pagedongan Polres Banjarnegara, Iptu Prihatin, mengatakan, penemuan bayi bermula ketika sekitar pukul 13.00 salah seorang warga Desa Gentansari mencari kayu bakar di sekitar Sungai Kedawung. Tiba-tiba, terdengar suara tangisan bayi.
Setelah diamati, sumber bayi berasal dari kotak kardus yang tersangkut ranting di pinggir sungai. “Bayi dibalut kaus, kemudian ditaruh di kardus. Bagian luar kardus dibungkus plastik sehingga tidak basah,” katanya.
Begitu ditemukan, bayi tersebut dilarikan ke rumah bidan Desa Gentansari, Peni Dwi Indrawati, selanjutnya dikirim ke Puskesmas dan kemudian dirujuk ke rumah sakit RSUD Banjarnegara.
Bidan Peni Dwi Indrawati mengatakan, saat bayi ditemukan, tali pusar masih menempel. “Bayi mengalami hipotermia. Mungkin karena kedinginan di sungai itu,” katanya. Ia memperkirakan, bayi dibuang beberapa saat setelah dilahirkan.
Menurutnya, kondisi bayi  sudah berangsur membaik. Sesekali bayi sudah mulai menangis. Hingga Sabtu siang, polisi masih terus melalukan penyelidikan terkait penemuan bayi tersebut. (Mad)

BERITA REKOMENDASI