Alun-Alun Purbalingga Kembali Ditanami Beringin

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Dua pohon Beringin kembali ditanam di alun-alun kota Purbalingga, Minggu siang (9/12). Dua pohon itu untuk menggantikan pohon beringin yang tumbang diterjang angin kencang tahun lalu.

"Penanaman pohon itu juga bagian dari upaya penghijauan wilayah kota dan sekitarnya," tutur Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Purbalingga, Sigit Subroto, Minggu (9/12).

Pohon beringin yang ditanam rata-rata memiliki ketinggian lima meter. Penanaman pohon juga dilaksanakan di halaman gedung-gedung pemerintah. “Tujuannya supaya sejuk,” ujar Sigit.

Bibit pohon beringin tersebut berasal dari pihak ketiga sebagai penyedia. Sigit tidak merinci harga pohon beringin itu. Dia menyampaikan dengan adanya pohon beringin yang kembali ditanam itu kawasan alun-alun bisa menjadi teduh dan sejuk. "Jadi ada pohon yang rindang dan bisa buat berteduh juga,” ujarnya.

Sebelumnya, di alun-alun Purbalingga  terdapat dua pohon beringin. Bencana angina puting beliung pada Oktober 2016 lalu mengakibatkan satu pohon beringin tumbang. Sehingga kawasan alun-alun dibersihkan dari pohon beringin."Setelah penanaman pohon beringin,  kawasan alun-alun juga akan direvitalisasi," ujar Sigit.  (Rus)

BERITA REKOMENDASI