Anggota DPRD Banyumas Jadi Korban Bisnis Fiktif

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Salah satu angggota DPRD Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berinisal AK (27) warga Desa Pasir Kulon, Karanglewas, Banyumas menjadi korban penipuan bisnis fiktif. Dalam aksi penipuan ini, korban mengalami kerugian Rp 743 juta.

Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Berry, Sabtu (5/6/2021) menjelaskan pelaku dalam aksi penipuan beinisial NS warga Pasir Kidul, Purwokerto Barat berhasil ditangkap oleh anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banyumas. “Dalam aksinya pelaku meyakinkan korban dengan menawarkan bisnis dengan perjanjian bagi hasil. Kejadian itu berawal ketika korban kenal dengan pelaku pada sekitar bulan September 2020 lalu,” kata Berry.

Kepada korban pelaku menawari bisnis ekspedisi barang dan jasa dalam negeri dan luar negeri. Dalam bisnis tersebut pelaku menjanjikan bagi hasil setiap bulannya. Korban yang percaya dengan tawaran pelaku menyerahkan uang modal secara bertahap dari kurun waktu dari 26 September 2020 hingga 26 Mei 2021.

Setidaknya korban sudah menyerahkan uang modal dengan mentransfer ke rekening pelaku dan juga uang tunai dengan total yang Rp. 743.000.000.

Korban juga sempat menerima uang bagi hasil setiap bulannya dari pelaku, mulai dari bulan Oktober 2020 sampai dengan bulan Mei 2021. Kepada korban, pelaku menjanjikan akan mengembalikan sebagian dari modal pada tanggal 2 Juni 2021.

“Namun saat jatuh tempo pelaku tidak bisa mengembalikan uangnya dan setelah dicek bisnis tersebut ternyata merupakan bisnis fiktif,” terang Berry.

BERITA REKOMENDASI