Angin Kencang Rusak Belasan Rumah Warga Karanglewas

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Sedikitnya 11 rumah warga rusak setelah angin kencang menyapu Desa Babakan, Karanglewas, Banyumas, Senin (19/02/2018). Tak hanya itu, 1 rumah dan 1 unit mobil juga rusak karena tertimpa pohon tumbang.

Belasan rumah warga yang mengalami rusak berada di Dusun Kalibamban dan Pegempon Desa Babakan. "Meski tidak menelan korban jiwa namun kerugian materi hingga puluhan juta rupiah karena banyak rumah warga yang rusak setelah tertimpa pohon albasia dan bambu. Bahkn satu mobil zebra milik warga juga ikut rusak, kata Kordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Kusworo di lokasi kejadian.

Selain merusak rumah bencana angin kencang ini menyebabkan akses jalan desa tertutup pohon tumbang. Tim SAR gabungan dari BPBD, Tagana, Linmas,Koramil, Polsek dan warga hingga bergotong-royong melakukan pembersihan dan membuka akses jalan.

Dihubungi terpisah Kordinator Tagana Banyumas, Ady Candra menambahkan selain di Desa Babakan bencana angin kencang juga terjadi di Desa Karanglewas Kidul. Untuk sementara tim SAR gabungan masih berupaya membantu warga yang rumahnya rusak.

Angin kencang diawali ketika wilayah desa tersebut diguyur hujan, yang disertai angin kencang. Tidak lama kemudian dalam hitungan detik angin merobohkan sejumlah pohon yang menimpa rumah warga dan jalan. “Beberapa rumah yang mengalami kerusakan untuk sementara penghuninya mengungsi di rumah saudara,” ungkapnya. (Dri)

BERITA REKOMENDASI