Antisipasi Abrasi, Pertamina Tanam Ribuan Pohon Cemara

CILACAP, KRJOGJA.com – Sebagai upaya antisipasi potensi abrasi dan tsunami di wilayah pesisir selatan, Pemkab Cilacap bersama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap melakukan penanaman 3.000 pohon cemara Jaut,

Penanaman Cemara Laut yang melibatkan pula aktivis lingkungan itu untuk memperkuat kembali wilayah tersebut dari ancaman abrasi laut. Sebelumnya ribuan pohon cemara laut telah ditanaman di pantai tersebut dan kini telah menyebabkan sekitar pantai tersebut terlihat sejuk, sehingga telah dijadikan lokasi wisata pantai.

Pjs General Manager PT KPI RU IV Cilacap, Didik Subagyo mengatakan kepedulian terhadap lingkungan merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen, baik dari pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. “Penanaman ini juga berkaitan dengan momentum Hari Gerakan Sejuta Pohon Internasional, maka kami melibatkan berbagai elemen untuk bersama-sama dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Dijelaskan, pohon cemara laut merupakan salah satu tumbuhan yang berfungsi sebagai benteng atau pelindung dari abrasi dan tsunami. “Fungsi lainnya adalah sebagai pemecah angin (wind barrier) terutama pada kawasan yang rentan angin kencang. Sehingga melalui penanaman ini, kami berharap dapat membantu upaya mitigasi guna meminimalisir saat terjadi bencana alam,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI