Awal Tahun, Sejumlah Bencana Melanda Purbalingga

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Penghujung tahun 2021 dan awal tahun 2022 ditandai dengan sejumlah bencana alam yang melanda wilayah Purbalingga. Hujan deras dengan durasi lama meningkatkan debit air sungai secara ekstrem mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Tanah longsor memutus akses jalan desa Kramat – Sirau di wilayah Karangmoncol, pada Sabtu (1/1/2022). Upaya pembersihan jalan itu dilakukan tim gabungan sejak Minggu (2/1/2022) dan dilanjutkan besok Senin (3/1/2022). Banyaknya material tanah yang menimbun badan jalan dibeberapa titik di Desa Sirau mengakibatkan pembersihan tidak bisa selesai dalam satu hari.

“Selain jalan kabupaten, jalan desa juga banyak yang terputus akibat tanah longsor. Warga masih konsentrasi di wilayahnya sendiri, belum sempat menangani jalan kabupaten,” ungkap Dirun, Kepala Desa Sirau, Minggu (2/1/2022) malam.

Dirun menambahkan, tanah longsor di wilayah desa Sirau terjadi Sabtu (1/1/2022) sekitar pukul 15.00 WIB. Sedikitnya 10 titik di ruas jalan penghubung Desa Sirau-Kramat itu tertimbun longsorang tanah. Walhasil, kendaraan bermotor tidak bisa melintas.

“Di beberapa titik, beberapa perumahan penduduk juga terancam tanah longsor,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI