Awal Tahun, Sejumlah Bencana Melanda Purbalingga

Aktifis komunitas tanggap bencana Purbalingga Reaksi Cepat (PRC) Purbalingga, Arif Yulianto mengungkapkan, pada Jumat (31/12/2021) terjadi luapan debit sungai di wilayah Kecamatan Bobotsari, Karanganyar. Disusul tanah longsor di Sirau, Palumbungan (Bobotsari) mengakbiatkan dinding satu rumah warga jebol.

“Di Desa Jingkang (Karangjambu) tanah longsor mengancam rumah warga dan mereka sudah diminta pindah ke lokasi lain untuk sementara,” ujarnya, Minggu (2/1/2022) petang.

Di wilayah Kecamatan Karanganyar, jembatan penghubung Desa Maribaya dan Desa Ardiarsa putus diterjang banjir, Sabtu (1/1/2022) sore. Putusnya jembatan itu akibat luapan debit sungai Kuning yang esktrem setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi sepanjang hari.

Banjir sungai Kuning juga mengakibatkan tanggul pengaman di jalan Desa Maribaya dan Desa Krangean di Kecamatan Karanganyar ambrol. Untuk sementara guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lokasi ini ditutup dan arus lalu lintas dialihkan melalui jalur yang lain.(Rus)

BERITA REKOMENDASI