Awalnya Pakai Jas Hujan, Petugas Puskesmas Dibantu APD

Bidan tersebut langsung melakukan video call dengan memperlihatkan APD jas hujan yang kenakannya. Kondisi tersebut membuat Kartika tersentuh dan langsung mengumpulan bantuan APD untuk disalurkan. Kemudian selama tiga hari berhasil mengumpulkan bantuan sebanyak 750 baju APD.

Pemberian tenaga medis di puskesmas, karena mereka merupakan ujung tombak, yang yang berhadapan langsung dengan orang yang sakit dan bisa jadi mereka yang sakit dan berobat ke puskesmas pada akhirnya diketahui positif terkonfirmasi Covid-19. Karena alasan tersebut para bidan di puskesmas juga harus mendapatkan APD yang layak.

Untuk tahap awal ada 20 puskesmas yang diberikan bantuan APD, masing-masing mendapatkan 5 buah APD. Namun untuk selanjutnya, kebutuhan APD para bidan di puskesmas juga akan menjadi perhatian khusus.

Vikaris Jenderal Keuskupan Purwokerto, Romo Yohanes Suratman mengatakan, ada enam rumah sakit Katolik yang berada di wilayah Keuskupan Purwokerto, yang menerima bantuan baju APD yakni RS Elisabeth Purwokerto, RS Santa Maria Pemalang, RS Budi Rahayu Pekalongan, RS Santa Maria Cilacap, RS Palang Biru Kutoarjo dan RS Palang Biru Gombong. (Dri)

BERITA REKOMENDASI