Bandara JB Soedirman Siap Layani Arus Mudik dan Balik Lebaran

PURBALINGGA, KRjogja.com – PT Angkasa Pura II memastikan Bandara Jenderal Besar Soedirman, Wirasaba, Purbalingga bisa dioperasionalkan melayani arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Hanya saja, kendati bandara sudah bisa melayani angkutan lebaran, pembangunan terminal dipastikan belum selesai. Karenanya PT Angkasa Pura II akan meminta izin kepada Lanud JB Soediman untuk meminjam sebagian fasilitas gedungnya sebagai terminal sementara.

“Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Pak Muhammad Awaluddin memastikan saat itu runway sudah selesai sehingga bisa sebagai proses Ujicoba termasuk dalam verifikasi dan validasi oleh Kemenhub,” tutur Bupati Purbalingga, Dyah Hyuning Pratiwi (Tiwi) melalui saluran telepon, usai mengikuti paparan Direktur Utama AP II di Ruang Rapat Gubernur Jateng di Semarang, Kamis petang (6/2/2020).

Tiwi menambahkan, hingga 2 Februari 2020, progres pembangunan Bandara JB Soedirman sudah mencapai 42,7 persen. Dengan rincian tiga area konstruksi, yakni landas pacu 52 persen, apron penerbangan sipil 30persen, dan apron penerbangan militer 44 persen.

Dukungan Pemkab Purbalingga terhadap pembangunan Bandara JB Soedirman meliputi pembangunan jalan masuk ke Kawasan Bandara JB Soedirman dengan anggaran sebesar Rp 6,5 Miliar. Tahun ini 2020, Pemkab berencana membangun Gerbang Masuk Bandara JBS dengan anggaran Rp 1 Miliar penyediaan dukungan kebutuhan Air Bersih dan air minum untuk bandara dan penguatan struktur jalan penunjang menuju bandara secara bertahap. (Rus)

BERITA REKOMENDASI