Bandara Soedirman Dibangun Bulan Depan

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di kompleks Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU di Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja, Purbalingga akan dimulai April tahun ini. Pembangunan meliputi pembangunan landasan sepanjang Landasan dengan 1600 meter dan terminal.

"Targetnya selesai pada April 2020. Sehingga tahun depan bisa beroperasi," tutur Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat kunjungan ke Bandara Jenderal Besar Soedirman, Selasa (12/03/2019).

Dalam kunjungan tersebut Menhub didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Menhub Budi Karya menambahkan, tidak seperti bandara lain, JB Soedirman bukan bandara alternatif.

Dari wilayah Jateng selatan bagian barat, dibutuhkan waktu 5 hingga 6 jam untuk mencapai Bandara Ahmad Yani di Semarang atau Bandara Adi Sucipto di Yogya. "Tentu calon penumpang akan memilih bandara JB Soedirman yang bisa dicapai dalam satu atau dua jam" ujarnya.

Karenanya, Budi Karya optimis bila telah beroperasi kelak, bandara JB Soedirman akan ramai. Apalagi di Purbalingga terdapat belasan perusahaan modal asing dan puluhan expatriat yang merupakan pasar potensial bagi penerbangan melalui bandara JB Soedirman.

Kelak, bandara itu akan melayani penerbangan komersial dari Purbalingga menuju Halim Perdana Kusuma Jakarta, Ahmad Yani Semarang dan Adi Sucipto Yogyakarta. Dengan jarak tempuh yang singkat, penerbangan dari bandara itu bakal diminati. (Rus)

BERITA REKOMENDASI