Banjarnegara Ancang-ancang Buka Kembali Obwis Dieng

Editor: Agus Sigit

BANJARNEGARA,KRJOGJA.com – Setelah cukup lama ditutup akibat pandemi Covid-19, objek wisata Dieng Banjarnegara kini berancang-ancang untuk buka kembali. Simulasi pembukaan objek wisata tersebut telah dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara, Minggu (5/9).

Uji coba pembukaan dilakukan di kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan. “Simulasi merupakan upaya kami mempersiapkan pembukaan objek pada saatnya nanti jika Banjarnegara masuk pada PPKM level 2,” kata kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Agung Yusianto Agung.

Menurut Agung, dari simulasi tersebut para pengelola maupun dari pihak pihak lain seperti biro perjalanan dan pelaku usaha wisata harus menyesuaikan dengan regulasi-regulasi yang ada. “Jadi harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini. Salah satu syaratnya adalah wisatawan harus sudah divaksin dan tentu saja penerapan protokol kesehatan,” ujar Agung.

Namun demikian, Agung belum bisa memastikan kapan objek wisata Dieng akan kembali dibuka. “Yang penting sekarang dilakukan persiapan untuk buka kembali. Begitu diumumkan Banjarnegara PPKM sudah turun ke level 2, maka akan dibuka,” kata Agung. Saat ini Banjarnegara masih di level III.

Kepala Desa Dieng Kulon, Slamet Budiono, mengatakan, masyarakat pelaku wisata sudah tak sabar menunggu objek wisata dibuka kembali. “Mereka mengandalkan pendapatan dengan berjualan makanan, souvenir, homestay dan jasa lainnya. Tetapi usaha mereka terhenti akibat pandemi. Mereka berharap, objek wisata dibuka kembali,” katanya. (Mad)

 

 

BERITA REKOMENDASI