Banjarnegara Tutup Seluruh Pasar Hewan

Editor: Ivan Aditya

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Untuk meminimalisir penularan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Pemkab Banjarnegara mulai Senin 16 Mai 2022 menutup seluruh pasar hewan yang ada di kabupaten setempat.
Penutupan dilakukan menyusul ditemukannya virus PMK  pada ternak di Banjarnegara.
“Penutupan dilakukan selama 14 hari ke depan sebagai langkah untuk meminimalisir penularan penyakit PMK,” kata pelaksana harian bupati Banjarnegara, Syamsudin, saat memberi keterangan pers di rumah dinas bupati, Senin (16/05/2022).
Menurut Syamsudin, Banjarnegara menjadi wilayah tertular atau terjangkit PMK sebagaimana hasil uji PCR Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta 10 Mei 2022. “Hasil uji menyebutkan, ada 14 ekor sapi di Desa Karangjambe Kecamatan Wanadadi positif terjangkit PMK,”  katanya. Selain itu, masih ada 126 ekor sapi yang suspek, masih menunggu hasil pemeriksaan keluar.
Syamsudin menambahkan, lalu-lintas hewan ternak mulai dibatasi. Baik yang keluar daerah maupun hewan ternak yang masuk ke wilayah Banjarnegara. Terutama dari wilayah yang sudah terjangkit PMK.
“Pembatasan lalu lintas hewan ternak kali laklukan dengan melarang hewan ternak masuk Banjarnegara dari wilayah yang sudah terjangkit PMK. Juga tidak mengeluarkan hewan yang sakit ke luar Banjarnegara,” kata Syamsudin pula.
Ia juga meminta kepada peternak untuk membatasi orang keluar masuk kandang. Jika ditemukan adanya hewan ternak yang terindikasi terjangkit PMK untuk dilakukan isolasi atau karantina.
Pantaun di Pasar Hewan Petambakan yang merupakan pasar hewan terbesar di Banjarnegara Senin pagi, sejumlah pedagang terlihat masih membawa sapi ke pasar. Sebagian merasa mengaku kecewa dengan penutupan pasar.
“Terus-terang saya kecewa dengan dilakukannya penutupan pasar hewan ini. Sapi-sapi saya sehat, tak  terkena penyakit mulut dan kuku. Tapi mau bagaimana lagi, mau tak mau harus pulang,” ujar Sidik, peternak sapi asal Purbalingga. Ia berharap pasar hewan segera dibuka kembali. (Mad)

BERITA REKOMENDASI