Banjir dan Longsor Landa Empat Desa di Cilacap

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Hujan lebat yang terjadi sejak Minggu malam hingga Senin (19/10/2020) pagi menyebabkan banjir dan tanah longsor pada empat desa di Kecamatan Jeruklegi, Cilacap. Bahkan banjir yang diakibatkan meluapnya aliran Surangi Brokeh menyebabkan akses jalan yang menghubungkan Desa Sawangan Kecamatan Jeruklegi dengan Desa Mentasan Kec Kawunganten terputus, karena badan jalan terendam banjir.

Camat Jerukelgi, Rosikin mengatakan bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayahnya terdiri banjir di Desa Sawangan dengan lokasi tepatnya di sepanjang aliran sungai dan jembatan Brekoh. “Aliran Sungai Brokeh meluap, sehingga jembatan tertutup banjir dan memutuskan akses jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Sawangan menuju desa Mentasan Kecamatan Kawunganten,” jelasnya.

Banjir juga melanda Desa Brebeg, tepatnya di sekitar Dusun Cikorol Desa Brebeg menyebakan akses jalan menuju desa Brebeg terhambat, karena badan jalan tergenangi banjir hingga tidak terlihat. Tanah longsor di Desa Jambusari, tepatnya Dusun Jambuandap RT 02 RW 02 Desa Jambusari, akibatnya jalan raya atau jalan nasional yang menghubungkan Cilacap dengan Wangon (Banyumas).

“Sebagiannya tertutupi longsoran tebing dan sangat membahayakan pengendara. Bahkan diketahui satu mobil yang tergelincir masuk sawah. Namun demikian, pengemudinya selamat,” katanya.

Kemudian Tanah longsor terjadi di Desa Prapagan, sekitar wilayah RT 05 RW 01, yang mengakibatkan rumah milik Somad mengalami rusak-rusak akibat dinding rumahnya tertimpa longsoran tanah. Menurutnya, penyebab bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Jeruklegi dikarenakan curah hujan Minggu malam hingga Senin pagi tinggi.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, hujan yang turun Minggu malam hingga Senin pagi, masuk katergori hujan lebat, karena dari pantauan pos Tunggul Wulung mencapai 145 mm, pos PU Jeruklegi 125 mm, stasiun meteorologi kota Cilacap 63 mm. Sedang dari prakiraan cuaca umum di Jawa Tengah, untuk 19 Oktober 2020, Cilacap masih akan turun hujan sedang hingga ringan. Angin bertiup dari arah Timur ke Selatan dengan kecepatan 5-30 km/jam. Suhu udaranya 26-31 dengan kelembabannya 70-90 peren. (Otu)

BERITA REKOMENDASI