Banjir Landa Purbalingga, Ratusan Warga Mengungsi

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Banjir melanda sejumlah desa di wilayah Kecamatan Kemangkon dan Purbalingga kota, Rabu (2/12) malam hingga Kamis (3/12) dini hari. Ratusan warga diungsikan ke tempat yang aman. Banjir disebabkan meluapnya air Sungai Klawing yang melintas di wilayah itu.

Tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Purbalingga bergerak cepat mengevakuasi warga. Tim juga menyiapkan dapur umum di tempat pengungsian. Wilayah yang terdampak paling parah di Desa Jetis yang meliputi Dusun II wilayah RW 03 di RT 6,7 dan 8.

“Pengungsi di SDN Jetis sekitar 141 orang, sedang dari Desa Toyareja Kecamatan Purbalingga dan dari Desa Gambarsari Kemangkon jumlah pengungsi masih dalam pendataan,” tutur Ketua Harian PMI Purbalingga Drg Hanung Wikantono, Kamis dini hari (3/12/2020).

Dinas Kesehatan juga sudah menugaskan Tim PSC ke wilayah Kemangkon dengan menyiapkan kebutuhan obat dan logistik. “Sampai sejauh ini tidak ada korban jiwa manusia,” ujar Hanung. (Rus)

BERITA REKOMENDASI