Banyumas Dua Kali Masuk Zona Merah

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Untuk kedua kalinya Kabupaten Banyumas masuk zona merah penyebaran virus Covid -19, setelah sebelumnya sempat turun ke zona oranye. Bupati Banyumas Achmad Husein, Senin (14/12/2020) saat ditemui di Pendopo Si Panji Purwokerto, menjelaskan saat Banyumas memasuki zona oranye, itu merupakan evaluasi minggu lalu (6-13 Desember).

“Sekarang justru merah lagi. Waktu itu merah, terus turun oranye, sekarang merah lagi,” kata Achmad Husein.

Menurutnya beberapa faktor yang mengakibatkan Banyumas kembali masuk ke zona merah atau risiko tinggi, yakni masalah tempat tidur (ruang isolasi) rumah sakit yang belum diselesaikan dengan baik, banyak antre jadi berisiko tinggi. Kedua angka positivity rat-nya tinggi, yang tertular setiap hari banyak.

Sedang faktor lain, yaitu akibat tingginya angka kematian. Jumlah korban meninggal akibat Covid-19 saat ini mencapai 143 orang, 65 orang di antaranya meninggal pada bulan Desember ini.Tiga hal tersebut yang mendominasi, sehingga menjadi merah.

Meski Banyumas kembali naik ke zona merah, namum tempat wisata milik pemerintaj yang baru dibuka Minggu (13/12/2020) tetap akan beroperasi. “Tempat wisata tetap dibuka, tapi hanya wisata outdoor saja,” kata Husein.

Namun Husein mengingatkan kepada pengelola untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sedang berkaitan dengan pesta hajatan untuk sementara tetap tidak diperbolehkan karena berisiko dan akan dievaluasi pekan depan. (Dri)

BERITA REKOMENDASI