Banyumas Mulai Vaksinasi, Wabup Giliran Pertama

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Wakil Bupati (Wabup) Banyumas Sadewo Tri Lastiono, Senin (25/01/2021) mendapat giliran pertama divaksin Covid -19. Selanjutnya disusul sejumlah anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Banyumas, dan tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan pencanangan vaksinasi Covid-19 di Banyumas dipusatkam di kompleks Paviliun Wijayakusuma, RSUD Banyumas. Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono paling pertama mendapat vaksi disusul sejumlah anggota Forkompimda Banyumas dan tokoh masyarakat lainnya.

Bupati Banyumas Achmad Husein dan Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Budhi Setiawan yang hadir dalam acara tersebut tidak mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 karena terkendala oleh usia. Wabup Sadewo Tri Lastiono, susai divaksin mengataka tidak ada persiapan khusus untuk menjalani vaksinasi Covid-19. ” Saya segar-segar saja, enggak ada persiapan sama sekali. Rasanya kayak disuntik biasa,” jelas Sadewo.

Kemudian setelah menunggu 30 menit pascavaksinasi, Wabup Sadewo dinyatakan tidak ada gejala atau masalah apapun. Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku jika sebenarnya ingin memberi contoh kepada masyarakat dan mengambil risiko yang pertama.

Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dr Budhi Setiawan mengatakan berdasarkan hasil konsultasi, vaksin Sinovac tidak dianjurkan untuk diberikan kepada yang berusia di atas 59 tahun. Vaksin Sinovac tersebut hanya diujikan kepada warga berusia 18-59 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas Sadiyanto mengatakan total sasaran vaksinasi di Banyumas sebanyak 1.187.000 orang. Untuk tahap pertama untuk tenaga kesehatan dengan jumlah sasaran 9.088 orang. “Vaksin yang sudah diterima oleh Kabupaten Banyumas adalah sejumlah 19.200 dosis,” ungkapnya.

Jumlah vaksin sebanyak itu terdiri atas dua dosis karena setelah vaksinasi pertama, selang dua minggu kemudian akan dilanjutkan dengan vaksin yang kedua. Vaksinasi bagi tenaga kesehatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 25-28 Januari 2021.

Sedang tempat pelayanan vaksinasi serentak di Banyumas untuk hari ini ada di 58 fasilitas kesehatan yang ada di Banyumas, yakni 40 puskesmas, dua klinik swasta, dan 16 rumah sakit. (Dri)

BERITA REKOMENDASI