Baru 1,99 Persen Lansia di Purbalingga Jalani Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Tidak lebih dari 1.839 warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Purbalingga yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama. Angka itu setara 1,99 persen. Sejumlah lansia tersebut divaksin di fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di wilayah.

“Jadwal vaksinasi dosis pertama untuk tenaga pelayanan publik dan warga lansia, yakni yang telah berusia 60 tahun atau lebih baru mulai hari Senin kemarin,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga drg Hanung Wikantono, Selasa siang (09/03/2021).

Hanung mengakui jumlah lansia yang telah mendapatkan vaksin itu masih sangat kecil. Penyebabnya karena vaksin Covid-19 yang diterima Pemerintah Pemkab Purbalingga juga sangat terbatas.

“Jadi kami lakukan secara bertahap. Setelah vaksinasi bagi tenaga pelayanan publik dan lansia, vaksinasi selanjutnya akan menyasar pada kelompok masyarakat lainnya, termasuk di dalamnya pedagang pasar,” ujarnya.

Hanung menambahkan, dari target 150.178 warga penerima vaksin dosis pertama baru 10.335 orang (6,89 persen). Sedangkan yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua baru 2.679 orang (1,78 persen).

Warga yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua paling banyak dari kelompok tenaga kesehatan, karyawan Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan komunitas wartawan. Sedangkan, untuk tenaga dan pelayan publik dan lansia baru mendapatkan vaksin dosis pertama.

“Rabu ini, dilaksanakan vaksinasi dosis kedua untuk tenaga pelayan pubik di dua rumah sakit milik pemkab,” ujar Hanung. (Rus)

BERITA REKOMENDASI