Baru Enam Parpol Serahkan Daftar Saksi ke Bawaslu

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Hingga batas waktu penyerahan daftar saksi pada Minggu malam (03/03/2019) baru enam partai politik (parpol) yang menyerahkan daftar saksi untuk Pemilu 2019 ke Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Purbalingga. Masing-masing PAN, Partai Perindo, Partai Hanura, Partai Gerindra, PPP dan Partai Nasdem. Sementara 10 parpol lainnya belum menyerahkan daftar saksi masing-masing.

"Karena kami harus meneruskan daftar saksi itu ke Bawaslu Selasa besok, kami berharap paling lambat Senin malam ini (04/03/2019) seluruh parpol peserta pemilu di Purbalingga sudah menyerahkan daftar yang kami minta," tutur Ketua Bawaslu Purbalingga, Imam Nurhakim, Senin (03/03/2019).

Imam menambahkan, masing-masing saksi parpol akan diundang mengikuti bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara. Dengan bintek itu diharapkan adanya kesamaan persepsi untuk meminimalisir sengketa.

Saksi dari parpol merupakan salah satu aktor penting terutama pada tahapan Pemungutan dan Penghitungan suara. Keberadaan saksi ikut menentukan keberhasilan dan legitimasi hasil Pemilu. Karena posisinya sangat penting, saksi perlu diberikan pemahaman dan kecakapan terkait dengan mekanisme Pemilu sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan. “Pasal 351 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengamanatkan Bawaslu untuk melatih saksi Peserta Pemilu,” ujarnya.

Sesuai jadwal, pelatihan bagi saksi Peserta Pemilu oleh Bawaslu Purbalingga akan dilaksanakan pada 15 Maret 2019 hingga 10 April 2019 di semua Kecamatan se Purbalingga. Pada pelatihan itu  saksi peserta pemilu akan mendapatkan buku saku Pemilu, video tutorial, infografis dan materi penting lainnya terkait Pemungutan dan Penghitungan suara sesuai Peraturan Perundang-undangan. (Rus)

BERITA REKOMENDASI