Baturraden Diguyur Hujan Es, Puluhan Rumah Roboh

Editor: KRjogja/Gus

BANYUMAS, KRJogja.com – Hujan es sebesar batu kerikil, Rabu (25/12/2019) sore tejadi di dua desa di Kecamatan Baturraden, Banyumas yakni Desa Kemutug Kidul, dan Desa Kemutug Lor.

 

Kepala Desa Kemutug Kidul, Kardi Daryanto kepada KRJogja.com, menjelaskan hujan es sebesar batu kerikil terjadi selama setengah jam dari pukul 16.00 hingga 16.30.  " Banyak warga yang kaget karena atap seng dan gendeng berbunyi seperti dilempari batu kerikil," kata Kardi Daryanto.

Setelah dicek di luar ternyata terjadi hujan es sebesar batu kerikil. Menurutnya selain di Desa Kemutug Kidul, hujan es juga terjadi di Desa Kemutug Lor. Sejumlah pengendara yang lewat jalan Desa Kemutug Kidul dan Kemutug Lor terpaksa harus berhenti dan berlindung di rumah warga yang ada di tepi jalan.

Selaih hujan es juga ada angin yang menyebabkan pohon dan rumah warga ada yang roboh, di sejumlah desa lainya di Kecamatan Baturraden dan Kecamatan Sumbang.

Kordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas, Ady Candra saat dihubungi, menjelaskan pihaknya masih melakukan pertolongan, mengevakuasi warga yang rumahnya roboh diterjang angin puting beliung dan kerobohan pohon.

"Untuk sementara kami masih memberikan pertolongan dan mengevakuasi korban dan membersihkan. Untuk data rumah yang roboh  masih dalam pendataan," kata Ady Candra.Dari data sementara yang diperoleh KRJogja.com sejumlah rumah roboh yang terjdi yakni empat rumah di Desa Gandatapa, satu rumah di Desa Banjarsari Wetan, dan Desa Kotayasa, Kecamatan Sumbang.

Selain rumah roboh juga ada pohon yang tumbang menutupi jalan di sejumlah ruas jalan di Kecamatan Sumbang, dan Baturraden. Hingga berita diturunkan petugas gabungan Tagana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Linmas masih melakukan pertolongan dan membersihkan pohon yang tumbang dan membantu warga yang rumahnya roboh.(Dri)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI