Begal Aniaya Korban Hingga Pingsan

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Niat hati memberikan pakan pada ayam-ayam piaraannya yang berada di kandang ayam belakang rumahnya, Ny Karmah warga Dusun Cimalati RT01 RT05 Desa Madusari Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap justru menjadi korban penganiayaan Sud (59) tetangganya, yang dengan sengaja merampas sejumlah barang perhiasan emas yang dikenakannya.

“Sejumlah perhiasan emas yang sekarng dijadikan barang bukti itu terdiri seuntai kalung emas seberat 11 gram, sebuah gelang emas seberat 5 gram, satu liontin emas seberat 1,4 gram,” ujar Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiyantoro didampingi Kasat Reskrim AKP Rifled Constantine Baba, Kamis (31/03/2022).

Disamping ada barang lain yang dijadikan barang bukti, yakni sebatang kayu bakar sepanjang 60 cm yang digunakan tersangka untuk memukul korban hingga terjatuh.

“Jadi secara kronologi peristiwa itu terjadi pada pertengahan lalu, sekitar pukul 09.00, korban keluar dari rumah dan menuju kandang ayam yang berada di belakang rumahnya untuk diberi makan. Pada saat korban memberi makan ayam, tiba-tiba korban dipukul pada bagian punggungnya oleh seseorang dengan benda keras, yang mengakibatkan korban jatuh tersungkur,” lanjutnya.

Kemudian korban dibekap mulutnya, dalam keadaan tak berdaya itu korban dipreteli sejumlah perhiasan emas yang dikenakannya oleh seseorang itu.
Sebelum seseorang tersebut pergi meninggalkan korban yang tidak berdaya, sempat memukuli kembali korban hingga korban jatuh pingsamn atau tidak sadarkan diri.

Saat korban siuman langsung berteriak meminta tolong jika dirinya menjadi korban begal. Warga setempat yang terjaga mendapati korban dalam keadaan duduk kesakitan di samping rumahnya. Korban segera ditolong masuk rumah dan selanjutnya kasus tersebut dilaporkan ke Polsek Wanareja.

Berbekal ciri-ciri begal tersebut, Anggota Reskrim Polsek Wanareja berhasil meringkus Sud (59) Dusun Cimalati RT01 RT05 Desa Madusari Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, yang masih tetangga korban.

Kepada petugas, tersangka Sud membenarkan telah menganiaya korban dengan maksud untuk meringankannya dalam merampas sejumlah perhiasan emas milik korban. Sejumlah perhiasan emas milik korban yang dirampas tersangka Sud diketahui belum sempat dijual, sehingga memudahkan petugas menyitanya.

“Akibat perbuatannya itu, tersangka Sud akan dijerat Pasal 365 ayat (1) KUHP tentang diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun pencurian yang didahului, disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan, terhadap orang dengan maksud untuk mempersiapkan atau mempermudah pencurian, atau dalam hal tertangkap tangan, untuk memungkinkan melarikan diri sendiri atau peserta lainnya, atau untuk tetap menguasai barang yang dicuri,” jelasnya. (Otu)

BERITA REKOMENDASI