Betonisasi Jalan Rawalo – Wangon Belum Rampung Jelang Mudik

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Penggantian jalan aspal menjadi jalan cor beton jalur Rawalo – Wangon sampai Senin (12/06/2017) masih dikerjakan. Warga sekitar jalur tersebut dan para pengguna jalan nasional itu mendesak pemerintah 'ngebut' dalam mengerjakan proyek betonisasi jalan sehingga memasuki H-7 Lebaran Idul Fitri sudah selesai.

Pembangunan jalan sepanjang 10 Km tersebut di beberapa titik sudah rampung. Seperti di jalan masuk Desa Tinggarjaya, Kecamatan Wangon, sepanjang 3 Km sudah selesai pekan lalu. Saat ini pemasangan beton jalan mulai masuk di jalur Rawalo-Jatilawang. Waktu yang tersisa diharapkan cukup untuk menyelesaikan betonisasi jalan.

"Hari-hari puasa kita sudah berjalan satu pekan lebih. Waktu tersisa tinggal dua minggu. Semoga pemasangan beton yang masih panjang sampai Rawalo bisa tepat waktu sesuai janji pemerintah, yakni H-7 Lebaran" kata Amin Yusuf, warga Desa Tinggarjaya. Hal itu karena jika molor, kemacetan lalu-lintas arus mudik maupun balik bisa amat parah terjadi.

Salah seorang warga Desa Adisara Kecamatan Jatilawang, Romlan Sukendar (41), mengatakan, di desanya, buka tutup jalan sekarang sedang diberlakukan karena betonisasi sedang dilakukan di situ. "Adanya pemasangan beton, lalu-lintas dibikin sistem buka tutup. Kalau itu tidak rampung sebelum Lebaran, antrean kendaraan yang amat panjang pasti bakal terjadi.

Ia berharap pemasangan beton dikerjakan secara maksimal. Tanpa arus mudik, kata dia, antrean kendaraan saat ini sudah selalu panjang. Apalagi saat arus mudik tiba, antrean dan kemacetan lalu-lintas kendaraan bakal amat parah. "Kalau bisa dilembur, lebih baik dilembur. Daripada molor dan akhirnya berdampak kemacetan. Macet akan lebih parah jika H-7 Lebaran belum selesai," kata Romlan. (Ero)

BERITA REKOMENDASI